Sistem Hisap Pada kendaraan Mobil

SISTEM HISAP - Secara garis besar sitem hisap menyediakan udar bersih dengan volume yang cukup bagi mesin.
Sumber : otomotifmobil

Turbo charger 
Turbo carger adalah alat untuk memanfaatkan udara hisap oleh energi gas buang dan mengirimkan percampuran dengan kepadatan yang tinggi kedalam ruang ruang pembakaran untuk meningkatkan tenaga pembangkit.
Sa'at roda turbin berputar dengan berputar dengan energi gas buang , roda kompresor akan terhubung dengan poros pada sisi yang berlawanan, mengirimkan udara hisap yang mampat ke mesin.

Ada juga alat yang di sebut "Super carger" yang menggerakan kompresor melalui poros engkol ke drive belt secara langsung,dan meningkatkan volume udara hisap.

Pembersih Udara (filter udara)
Pembersih udara mengandung elemen pembersih udara untuk membuang debu dan partikel lain dari udara saat memasukan udara luar ke dalam mesin. Element pembersih udara harus di bersihkan atau di gnti secara berkala.
Adapun tipe-tipe filter udara seperti berikut :

  • Tipe kertas - tipe yang umumnya di gunakan pada kendaraan
  • Tipe kain - tipe yang mengandung element yang dapat di cuci yang terbuat dari kain
  • Tipe oil bath - tipe yang basah yang mengandung oil bath


Throttle Body

Katup throttle body menggunakan seutas kabel untuk beroprasi bersama-sama dengan pedal akselator yang terletak di dalam interior kendaraan,guna mengatur volume percampuran udara bahan bakar yang di tarik ke dalam silinder. Saat pedal akselator di tekan,katup throttle membuka untuk menarik udara dan bahan bakar dengan jumlah besar, sehingga meningkatkan output mesi. ISCV ( Idle speed control Valve),juga tersedia guna mengatur volume udara selama idling atau saat mesin dingin.


ETCS-i (Electronic trottel Control System intelegent)
Ets-i yang mengubah pengoprasian pedal akselator menjadi sinyal listrik, menggukan ECU (Electronic control Unit) untuk mengontrol pembukaan dan penutupan katup throttle dengan cara menggerakan motor sesuai dengan kondisi pengendaraan. Oleh karena itu tidak ada kabel throttle untuk menghubunkan kabel pada akselator dengan katup throttle.

ISCV (Idle speed Control Valve)
ISCV mengatur volume udara yang mengalir melalui saluran baypaas yang di sediakan di dalam katup throttle, untukl terus mengontrol kecepatan idling pada tingkat optimum.

Adapun tipe-tipe ISCV
  1. Tipe step motor - tipe ini mengatur volume udara yang mengalir melalui saluran bypass. hal ini di capai oleh katup yang terletak di ujung rotor, ang di gerakan bulak balik oleh penggerak rotor.
  2. Tipe rotary solenoid valve - katup ini mengatur volume udara hisap dengan cara membedakan pembukaan katup. hal ini di capai dengan cara mengatur tengangan yang di berikan pada 2 solenoid 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak