Bagian - Bagian Mekanisme Katup

MEKANISME KATUP - Mekanisme katup adalah sekelompok komponen yang membuka dan menutup (katup) hisap dan katup buang di kepala silinder pada waktu yang tepat.


Ada beberapa tipe mekanisme katup tergantung pada posisi dan jumlah poros - poros cam.

  1. Tipe DOHC (Doble Overhead Camsshaft) Tipe ini memiliki dua poros cam dan setiap poros cam menggerakan katuo - katup secara langsung,memastikan pergerakan yang tepat pada katu- katup tersebut.
  2. Tipe Compact DOHC Tipe ini memiliki dua poros cam salah satunya di gerakan oleh satu set roda gigi. Kontruksi kepla silinder dibuat lebih sederhana dan lebih kecil daripada DOHC tipe biasa.
  • Timing belt
  • Roda gigi gunting (secior gear)
  • Poros Cam.
TIMING BELT
Timing belt halnya seperti roda gigi,belt memiliki gigi-gigi untuk bertautan dengan gigi puli timing pada kendaraan, Belt ini terbuat dari material berbahan dasar karet. Timing belt harus di periksa apakah teganagannya tepat apakah mengalami kerusakan, dan gantilah pada interval yang telah di tentukan pabrikan.


Sistem VVT-i (Variable Valve Timing- intelegent)
Sistem VVT- i menggunakan komputer untuk secara optimal mengontrol waktu pembukaan dan penutupan katup hisap sesuai dengan kondisi mesin.
Sistem ini menggunakan sistem tekanan hidrolik untuk membedakan waktu pembukaan dan penutupan katup hisap, sehingga menghasilkan  peningkatan efisiensi hisap ,momen,power output,penghematan bahan bakar ,dan gas buang,yang lebih bersih. Sebagai tambahan bagi sisitem VVT-i ini ada juga sistem VVTL-i (Variable Valve Timing and Lift intelegent) yang meningkatkan volume pengankat katup (langkah) dan meningkatkan afisiensi hisap selama putaran dengan kecepatan tinggi

Sistem Hisap Selanjutnya >

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak