Pengertian Sistem pendingin pada kendaraan mobil

Belajar Sistem pendingin-secara garis besar berfungsi untuk mengatur suhu atau temperature mesin ke tingkat optimal (80 sampai 90 derajat celcis pada temperature ppendingin) Dengan cara mengedarkan air pendingin ke seluruh mesin. Kipas pendingin di dalam radiator dan pompa air  mengedarkan air pendingin melalui kepala silinder dan blok silinder.


Aliran air Pendingin

Daya dari pompa air menyebabkan air pendingin bersirkulasi melalui sirkuit air pendingin. Air pendingin menyerap panas dari mesin dan menghilangkannya ke udara melalui radiator. Air pendingin yang telah di dinginkan kemudian kembali ke mesin.

RADIATOR
Radiator mendinginkan air pendingin yang telah mencapai temperature tinggi. Air pendingin di dalam radiator menjadi dingin saat tube dan sirip-sirip radiator mendapatkan aliran udara yang di ciptakan oleh kipas pendingin., dan aliran udara yang di ciptakan oleh gerakan kendaraan.

Radiator

Tutup radiator
Tutup radiator memiliki katup tekanan yang menekan air pendingin. Temperature air pendingin di bawah tekanan naik terus di atas 100 derajat C, sehingga menciptakan perbedaan  yang lebi besar antara temperature air pendingin dan temperatur udara.
Hal ini menyebabkan efisiensi pendingin meningkat. Katup tekanan membuka dan mengirim kembali air pendingin ke tangki reservoir(tabung) sat tekanan radiator di naikan.

Tutup radiator


KIPAS PENDINGIN
Kipas pendingin berfungsi mengarahkan volume udara yang besar ke radiator guna meningkatkan efek pendingin.

Kipas radiator

Kipas radiator terdiri dari dua macam yaitu :

  • Kipas pendingin dengan fluida yang di gerakan dengan drive belt, dan memutar kipas dengan kopling fluida oli silikon.
  • Sistem kipas pendingin hidrolik yang di kontrol secara elektronik. Menggerakan kipas dengan motor hidrolik dan ECU mengatur sistem.
POMPA AIR
Pompa air mengalirkan air pendingin ke sirkuit pendingin. Drive belt di gunakan untuk mengirim gerakan rotasi poros engkol guna menggerakan pompa air.

Pompa air
Thermostat
Thermostat adalah part yang berfungsi memanaskan mesin dengan cepat dan mengatur temperatur air pendingin. Thermostat terletak di saluran antara radiator dan mesin . saat temperatur air pendingin menjadi tinggi , katup yang menuju radiator membuka untuk mendinginkan mesin .

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak