Pengertian mesin diesel pada kendaraan mobil

MESIN DIESEL - Mesin diesen menggunakan bahan bakar diesel,ia membangkitkan tenaga tinngi pada kecepatan rendah dan terkontruksi secara solid. Efisiensi bahan bakar mesin diesel lebih baik dari pada efisiensi bahan bakan bensin.perbedaan mesin diesel dengan mesin bensin berbeda di bahan bakar. dan menggunakan mekanisme yang berbeda.


1. Ruang pembakaran.
mesin diesel tidak di lengkapi dengan sistem pengapian yang mengandung busi. akan tetapi panas yang di bangkitkan sekama kompresi menyebabkan bahan bakar terbakar dengan sendirinya, sehingga rasio kompresi sangat tinggi.

2.Sistem pemanasan awal.
Untuk memudahkan kemampuan start mesin.mesin disel mempunyai sistem pemanasan awal yang menggunakan glow plug,dll. untuk memanaskan udara hisap.

3. Sistem bahan bakar
Mesin diesel memnpunyai pompa injeksi dan nozle injeksi untuk menginjeksikan bahan bakar ke ruang pembakaran pada tekanan tinggi.

PENGOPRASIAN

Untuk membangkitkan tenaga penggerak bagi kendaraan mesin 4 langkah. tidak seperti mesin bensin,mesin diesel tidak memiliki sistem pengapian

Langkah hisap
Katup  buang menutup dan katup hisan membuaka. langkah kebawah piston hanya menghisap udara ke dalam silinder melalui katup hisap yang terbuka.

Langkah kompresi
saat piston menyelesaikan langkah kebawahnya, katup hisap menutup dengan langkah ke atas piston, udara yang terhisap ke dalam silinder menjadi sangat mampat dan mencapai temperatur tinggi.

Langkah pembakaran
Saat piston hendak menyelesaikan langkah keatasnya. nozzle injeksi menginjeksikan bahan bakar bertekanan tinggi ke dalam udara yang telah mencapai tekanan dan temperatur tnggi.dan menyebabkan bahan bakar terbakar dengan sendirinya.

Langkah buang
Katup buang membuka saat piston menyelesaikan langkah kebawahnya. kemudian langkah ke atas piston berikutnya menyebabkan gas gas buang yang merupakan hasil dari pembakaran untuk di buang ke luar silinder.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak